Menu Blog

Tuesday, June 4, 2013

PELET UNTUK SAPI KAMBING DOMBA KELINCI

Kejadian sapi kambing domba kelinci mati sehabis memakan rumput yang cari di persawahan, sudah sangat sering terjadi, ini musababnya karena rumput tersebut tercemar dengan obat pestisida.

Maka lantas timbul ide, gimana jika di kasih makan pellet saja….Aneh ya ….memang seperti itu, sebuah penemuan baru, berawal dari hal yang sepertinya mengada ada dan biasanya hampir selalu , penemuan baru tersebut bertentangan dengan keilmuan teori. Tapi ndak papa, tinggal nanti hasil akhir bagus atau tidak , akan memunculkan keilmuan teori yang lebih baru lagi dan itu normal…..


Untuk hewan ruminansia besar sapi…di samping pemberian pellet juga bisa di beri Wafer jerami atau rumput. Ini seperti Hay dan silasem Cuma Wafer jerami rumput ini biasanya di cetak block agar mudah dalam penataan di gudang saat musim kemarau tiba.

Langsung ke pembuatan pellet wae ya…

Bahan :
Jagung : 30 kg

Bekatul : 15 kg
menir   : 15 kg
Pollard  : 15 kg
Bungkil kedelei  25 kg
Minyak goreng  0,5 kg
Mineral Vitamin  : 2-3 kg
Bahan pengawet  : 0,02 %

Nilai nutrisi yang di dapat adalah CP 18% dan EM 2762 Kcal/kg, minyak goreng + mineral + vitamin bisa pake vitachick +bahn pengawet termasuk dalam tambahan saja. Bisa di tambahkan tepung kanji 0,5 kg.

Cara mbuatnya :
Semua bahan yang di sebutkan giling menjadi tepung lalu mix hingga tercampur rata homogeny, bahan tambahan semua juga di campur pada mix kali ini. Lalu perciki bahan tadi dengan air hangat, buat adonan menjadi “ pero “ setelahitu langsung bisa di cetak pellet atau di kukus dulu 30 menit terhidung dari air mendidih, dinginkan lalu cetak pellet setelah itu jemur atau masukan oven hingga kering lalu bisa di kemas , di pakai sendiri atau di komersilkan. Soale harga pellet buat kelinci produk dari pabrikan harganya mahal phol….Rp 19.000/kg. Tentang mesin pellet nya jangan mbayangin yang mahal mahal kan bisa di pakai alat giling daging, dengan Rp 350.000 sudah dapat itu alatnya. Jadi jangan di buat rumit dan sulit lalu mematahkan semangat anda …..
sing penting action dulu…..

Atau versi alternative ke dua :

Bahan :
Ampas tahu
Kleci kulit ari kedelei
Blendungan kacang Hijau
Bungkil kelapa atau ampas kelapa
Katul
Jagung

Gimana formula-nya ? kan sudah tak kasih tahu gimana caranya menghitung formula…nah sekarang coba anda praktekan. Keilmuan itu di nilai bermanfaat saat dia di praktekan…bukan hanya sebatas wacana wacana saja, yang mengawang awang di pijar fatamorgana.

                                  




1 comment:

  1. gan adonan pelet itu harus gmna sih, kering, kental atau gmna .,
    trims :D :)

    ReplyDelete